PREDIKSI EROSI DENGAN METODE USLE PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA PENITI KECAMATAN SEKADAU HILIR KABUPATEN SEKADAU

Andreas Tono, Ir. Junaidi, MP Ir. Junaidi, MP, Ir. Bambang Widiarso, MP Ir. Bambang Widiarso, MP

Abstract


Lokasi penelitian yakni di Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Desa Peniti Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi besarnya erosi dan tingkat bahaya erosi yang terjadi, dan membandingkan hasil prediksi erosi dengan laju kehilangan tanah yang masih dapat ditoleransi (ETOL). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari (1) Persiapan penelitian (2) Pengambilan contoh tanah (3) Analisis contoh tanah di laboratorium (4) Analisis data dan penyajian hasil penelitian mengenai prediksi erosi dengan metode USLE.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa prediksi laju erosi mencapai 3,49 sampai 896,24 ton/ha/tahun. Nilai prediksi erosi yang dapat ditoleransi berkisar antara 40,99 sampai 89,18 ton/ha/tahun. Nilai prediksi erosi pada lahan penelitian bervariasi, lahan M (lereng 2%) jenis tanah inceptisols, nilai prediksi erosi lebih kecil dibandingkan dengan nilai erosi yang dapat ditoleransi, sedangkan pada lahan S (lereng 12%), T (lereng 14%), D (lereng 30%), dan lahan I (lereng 40%) jenis tanah ultisols, nilai prediksi erosi lebih besar dibandingkan dengan nilai erosi yang dapat ditoleransi dan tingkat bahaya erosi berada pada status sangat rendah sampai sangat berat. Perencanaan dan penanggulangan bahaya erosi yang sesuai adalah pembuatan teras bangku dengan konstruksi baik dan penanaman LCC (Leguminosa Cover Crops).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.