STUDI MIKROBA SELLULOTIK PADA TANAH GAMBUT DARI TIGA TIPE PENGGUNAAN LAHAN DI DESA PELANG KECAMATAN MATA HILIR SELATAN KABUPATEN KETAPANG

DHANI - PASARIBU, ISMAHAN - UMRAN, ASADI - ASADI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk studi mikroba sellulolitik pada tanah gambut dari tiga tipe penggunaan lahan. Lokasi  di Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang,  dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan. Sampel tanah diambil dari 3 tipe penggunaan lahan yaitu kebun kelapa sawit, hutan sekunder dan semak belukar. Sampel tanah dianalisis di Laboratorium Biologi Tanah Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura. Variabel pengamatan dalam penelitian ini adalah jumlah dan jenis bakteri, jumlah dan jenis fungi ( jamur ), kadar air, C / N Rasio,  pH, dan temperatur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri sellulotik yang ditemukan pada tipe penggunaan lahan terdapat 8 jenis. Populasi terbanyak pada hutan sekunder dengan jumlah 4,3x104 cfu, sedangkan pada kebun kelapa sawit sebesar 2,1x104 cfu dan semak belukar 5x103. Jenis fungi ditemukan 6 jenis, dengan jumlah fungi terbanyak terdapat pada lahan hutan sekunder yakni 6,45x104 cfu, kemudian pada lahan semak belukar  3,19x104 cfu, dan  kebun sawit 3,19x104 cfu.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.