EFEK RESIDU PEMBERIAN LUMPUR LAUT TERHADAP KONSENTRASI HARA N, P, DAN K TANAMAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI LAHAN GAMBUT

Logi Suhandi, Denah Suswati, Tino Chandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek residu pemberian lumpur laut terhadap konsentrasi hara  nitrogen, fosfor, dan kalium tanaman kelapa sawit rakyat di lahan gambut di Desa Rasau Jaya III, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian berlangsung mulai pada 2 Juli 2016 hingga 2 Agustus 2016, diawali dengan mengumpulkan data biofisik tanaman yang meliputi daun tanaman kelapa sawit.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini dengan pola Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan dengan 6 ulangan, sehingga jumlah  kaseluruhan sampel yang diambil yaitu 24 tanaman dan akan dianalisis N, P, dan K pada jaringan (pelepah ke-9 ) tanaman kelapa sawit yang terdiri dari kontrol (A), perlakuan lumpur laut 20 ton/ha (B), perlakuan lumpur laut 40 ton/ha (C), perlakuan lumpur laut 60 ton/ha (D).

Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah konsentrasi nitrogen, konsentrasi fosfor, dan konsentrasi kalium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek residu lumpur laut di tanah gambut tidak berpengaruh nyata terhadap konsentrasi nitrogen, tidak berpengaruh nyata terhadap konsentrasi fosfor, dan tidak berpengaruh nyata terhadap konsentrasi kalium dalam jaringan tanaman kelapa sawit.

 

 

 

Kata Kunci: Kelapa Sawit, Lumpur Laut, Residu, Tanah Gambut


Refbacks

  • There are currently no refbacks.