Studi Sifat Fisika Tanah Inceptisols Pada Lahan Pasang Surut di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Yayan Ardianto

Abstract


Kabupaten Kubu Raya memiliki lahan pasang surut yang terluas di Kalimantan Barat  dengan luas 51. 155 ha atau 60 %. Dengan 9.572 ha atau 18 % belum dimanfaatkan sehingga Kabupaten Kubu Raya dapat meningkatkan produksi dibidang pertanian dengan cara ektensifikasi atau dengan menambah luas lahan untuk pertanian. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sifat fisika tanah inceptisols pada lahan pasang surut di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Pada hasil pengamatan Tekstur pada seluruh lahan pengamatan baik pada lahan pengamatan A, B, C maupun D lebih di dominasi oleh fraksi debu dan fraksi liat, sedangkan fraksi pasir memiliki persentase yang rendah. Sehingga dinyatakan tekstur pada seluruh lahan penelitian adalah liat berdebu. Bobot isi dari lahan pasang surut lahan A, B, C dan D pada rentangan nilai 0,56 – 0,78 gram/cm3, dengan kriteria rendah. Porositas pada lahan pengamatan pada rentangan nilai 63, 32 – 73,36 %, dalam kategori poros. Konduktivitas Hidrolik pada seluruh lahan pengamatan pada rentangan nilai 1, 70 – 2, 85 cm/jam, dalam kategorikan agak lambat hingga sedang. Kadar air kapasitas lapangan pada seluruh lahan pengamatan berada pada rentang nilai 38,29 – 67,80 % vol, dinyatakan dalam kategori sedang hingga tinggi. Kemantapan agregat pada lahan pengamatan berada pada rentang nilai 50 – 65 %, dinyatakan dalam kategori agak stabil.

 

Kata Kunci : Inceptisols, Sifat Fisik Tanah, Lahan Pasang Surut.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.