Studi Sifat Fisika Tanah Areal Terbuka dan Areal Perkebunan Kelapa Sawit pada Lahan Eks PETI Kecamatan Mandor Kabupaten Landak

M.Khoirul Anwar, Dr. Ir. Urai Edi Suryadi, MP, Prof. Dr. Ir. H. Saeri Sagiman, M.Sc

Abstract


STUDI SIFAT FISIKA TANAH AREAL TERBUKA DAN AREAL PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

PADA LAHAN EKS PETI KECAMATAN MANDOR

KABUPATEN LANDAK

M. Khoirul Anwar(1), Dr. Ir. Urai Edi Suryadi, MP (2) danProf. Dr. Ir. H. Saeri Sagiman, MSc(2)

(1) Mahasiswa Fakultas Pertanian dan (2) Staf Pengajar Fakultas Pertanian

Universitas Tanjungpura

ABSTRAK

Kegiatan PETI (Penambangan Emas Tanpa Izin) dilakukan dengan cara membalik tanah bagian atas (top soil)  dan berpotensi merusak kondisi sifat fisika yaitu lahan terlihat tandus dengan tekstur berpasir dan miskin bahan organik.

Saat ini lahan subur untuk perkebunan kelapa sawit semakin terbatas  akibat adanya berbagai kegiatan  pembangunan yang dilakukan seperti : industri,pariwisata, perumahan dan pemukiman sehingga perkebunan kelapa sawit beralih ke lahan marginal seperti lahan eks PETI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sifat fisika tanah pada lahan eks PETI yang di manfaatkan untuk perkebunan kelapa sawit dan areal terbuka.

Pengambilan contoh tanah dilakukan pada dua penggunaan lahan masing-masing lima titik dengan metode diagonal di Desa Kayu Ara Kecamatan Mandor. Pengambilan  contoh tanah utuh menggunakan ring sampel yang berdiameter 5 cm dan tinggi 5 cm, sedangkan pengambilan contoh tanah terganggu menggunakan bor tanah. Pengambilan contoh tanah dilakukan pada dua kedalaman yakni  0-30 cm, 30-60 cm dari permukaan tanah.

Penelitian pada pengamatan lapangan menunjukan warna tanah sangat beragam, sedangkan struktur cenderung sama yakni prisma. Hasil analisis tanah menunjukkan nilai tekstur tanah fraksi pasir, porositas tanah, kadar air kapasitas lapang, C-organik,N-total, pH, C/N rasio, shoot/root rasio pada areal terbuka lebih rendah dibandingkan areal perkebunan kelapa sawit, sedangkan nilai tekstur tanah fraksi debu dan liat,kemantapan agregat, bobot isi tanahlebih tinggi pada areal terbuka dibandingkan dengan areal perkebunan kelapa sawit.

 

 

Kata Kunci:Areal Terbuka, Areal Perkebunan Kelapa Sawit, Sifat Fisikia dan Kimia Tanah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.