Studi Sifat Fisika Tanah Gambut pada Beberapa Areal Penggunaan Lahan di Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang

RISWANTO RISWANTO

Abstract


Indonesia memiliki lahan gambut terluas di antara negara tropis, yaitu sekitar 21 juta ha atau 10,8% dari luas daratan Indonesia. Kabupaten Ketapang tepatnya di Kecamatan Matan Hilir Selatan memiliki luas gambut berdasarkan klasifikasi jenis tanah Asosiasi Tropohemist, Tropofibrists sekitar 4750,42 ha. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat fisika dan kimia tanah  pada berbagai penggunaan lahan di Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang.

Pengambilan sampel tanah dilakukan dengan menggunakan teknik sistematik dengan dua kedalaman 0-30cm dan 30-60cm yang diambil berupa sampel tanah utuh atau tidak terganggu,dan sampel tanah terganggu. Sampel yang diambil pada titik pengamatan ini adalah sampel tanah pada penggunaan lahan semak belukar, hutan sekunder, dan kebun sawit.

Parameter penelitian yang dilakukan di lapangan adalah ketebalan gambut, kedalaman muka air tanah, serta pengamatan yang dilakukan di laboratorium adalah kadar air kapasitas lapangan, bobot isi tanah, porositas total, kadar serat, kematangan gambut, kadar abu, C-Organik, N-total, C/N Rasio dan pH.

Hasil penelitian yang diamati dilapangan bahwa ketebalan gambut pada lahan hutan sekunder lebih tebal dibandingkan lahan semak belukar dan lahan kebun sawit, pada hutan sekunder memiliki kedalaman muka air tanah lebih dangkal dibandingkan kabun sawit dan semak belukar. Hasil penelitian yang diamati dilaboratorium bahwa kadar air kapasitas lapangan dan porositas tanah pada lahan hutan sekunder lebih tinggi dibandingkan lahan semak belukar dan lahan kebun sawit, bobot isi tanah pada lahan hutan sekunder lebih rendah dibandingkan lahan semak belukar dan lahan kebun sawit, tingkat kematangan gambut pada tiga penggunaan lahan dilokasi penelitian yaitu hemik dan saprik, kadar abu pada tiga penggunaan lahan dilokasi penelitian sangat tinggi, C-organik pada tiga penggunaan lahan dilokasi penelitian sangat tinggi, N-total pada tiga penggunaan lahan dilokasi penelitian tergolong sangat tinggi, C/N rasio pada tiga penggunaan lahan dilokasi penenlitian tergolong sangat tinggi. pH tanah pada tiga penggunaan lahan dilokasi penelitian sangat masam.

 


Kata kunci : Gambut, penggunaan lahan, sifat fisika tanah, sifat kimia tanah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.