INVENTARISASI DAN KARAKTERISASI TUMBUHAN PAKU DI KAWASAN WISATA ALAM BUKIT SEBUBUS KALIMANTAN BARAT

Erlangga Tungga Dewa, Agustina Listiawati, Darussalam -

Abstract


Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman flora yang cukup tinggi, salah satu diantaranya tumbuhan paku. Tumbuhan paku mempunyai keindahan dari susunan dan bentuk daunnya yang menarik dan bervariasi sesuai dengan jenisnya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan karakterisasi tumbuhan paku yang ada di kawasan wisata alam bukit Sebubus Kalimantan Barat. Penelitian ini dilakukan di Kawasan Wisata Alam Bukit Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas pada ketinggian 0-125 m dpl dengan lama penelitian mulai 18 Pebruari 24 Pebruari 2012.

Penelitian ini terdiri dari 3 jalur pengamatan dimana pada jalur I yaitu pada ketinggian 10-50 m dpl, jalur II yaitu pada ketinggian 50-100 m dpl dan pada jalur III yaitu pada ketinggian 100-125. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode stratified sampling.

Rata-rata jenis tumbuhan paku yang ditemukan pada tiap lokasi penelitian hampir sama, hal ini dikarenakan secara keseluruhan lokasi penelitian mempunyai topografi dan kondisi lingkungan yang hampir sama walaupun terdapat sedikit perbedaan dari jenis tumbuhan paku yang ada pada tiap lokasi penelitian. Secara keseluruhan tumbuhan paku yang ditemukan pada tiga lokasi penelitian berdasarkan ketinggian tempat dan habitat di Kawasan Wisata Alam Bukit Sebubus Kalimantan Barat. Hasil penelitian diperoleh 26 genus dan 35 spesies tumbuhan paku yang terdiri dari 13 famili. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah Asplenium 2 jenis, Blechnum 2 jenis, Lindsaea 2 jenis, Lygodium 2 jenis, Pteris 2 jenis, Selliguea 2 jenis, Selaginella 2 jenis, Tectaria 2 jenis dan Vittaria 2 jenis.

Kata kunci : Inventarisasi dan Karakterisasi, Tumbuhan Paku, Bukit Sebubus


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.