ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH JERUK SIAM PONTIANAK (Citrus microcarpa) DI KECAMATAN NGABANG KABUPATEN LANDAK

Dwi Januarti, Eva Dolorosa, Imelda Imelda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap buah jeruk siam Pontianak (Citrus microcarpa) berdasarkan atribut rasa buah, ukuran buah dan warna kulit buah. Responden diambil pada 10 (sepuluh) lokasi pemasaran buah jeruk siam Pontianak (Citrus microcarpa) di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak dengan jumlah sebanyak 75 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan dianalisis dengan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi preferensi konsumen terhadap buah jeruk siam Pontianak (Citrus microcarpa) adalah buah dengan rasa yang manis sedikit asam, berukuran grade B dan berwarna kulit kuning kehijauan. Nilai tingkat kepentingan relatif preferensi konsumen terhadap buah jeruk siam Pontianak secara berturut-turut adalah atribut rasa buah, warna kulit buah dan ukuran buah.

 

Kata Kunci: Jeruk siam Pontianak, Analisis Konjoin, Preferensi Konsumen, Atribut Produk

 

ANALYSIS OF CONSUMER PREFERENCE FOR CITRUS FRUIT SIAM PONTIANAK (Citrus microcarpa)

By
Dwi Januarti1, Eva Dolorosa1, Imelda1
1)
Agribussiness Department of Agriculture Faculty,University of Tanjungpura

 

 

The main aim of this study was to investigate consumer preferences for extrinsic attributes of citrus fruit siam Pontianak (Citrus microcarpa), based on attributes of the flavours, size and color of citrus peel. A sample of 75 consumers of citrus fruit “Siam Pontianak” was recruited in Ngabang Sub District Landak Regency. Conjoint analysis were applied to analyse data. Results show that the most preferred products for the consumer sample as a whole were a citrus fruit with a sweet taste slightly sour, grade B sized and peel colored of greenish yellow, while  the relative importance of each attribute were the fruit flavours, color of citrus peel and size of the fruit.

Keywords: Citrus “Siam Pontianak”, Conjoint Analysis, Consumer Preferences, Product Attribute.




DOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v4i2.10699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.