Analisis Keuntungan Usaha Industri Emping Melinjo Skala Rumah Tangga Di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota

Ika Puji Utami, adi suyatno, imelda imelda

Abstract


Emping melinjo merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian yang diusahakan oleh masyarakat di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota. Emping melinjo adalah sejenis kerupuk yang dibuat dari buah  melinjo yang tua, emping melinjo merupakan salah satu komoditi pengolahan hasil pertanian yang tinggi  harganya.

Penelitian ini bertujuan  : (1) untuk mengetahui besarnya keuntungan usaha industri emping melinjo skala rumah tangga di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi emping melinjo skala rumah tangga di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu suatu penelitian yang dilakukan pada semua individu dalam populasi. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh petani emping melinjo Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota sebanyak 25 petani. Alat analisis yang digunakan adalah analisis keuntungan dan analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan (1) rata-rata keuntungan usaha industri emping melinjo skala rumah tangga di Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota yang dihasilkan responden selama satu bulan yaitu sebesar Rp.1.179.923/Bln. (2) Variabel yang mempengaruhi produksi emping melinjo adalah jumlah bahan baku. Sedangkan variabel jumlah tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi emping melinjo. 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.