PENGARUH KONDISI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. HARAPAN SAWIT LESTARI DI DESA MANISMATA KECAMATAN MANISMATA KABUPATEN KETAPANG

Nasrul Arif, Novira Kusrini, Rakhmad Hidayat

Abstract


Kinerja merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi. Dengan pengukuran kinerja suatu organisasi dapat memanfaatkan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi sumber daya manusianya. Perusahaan harus menempuh beberapa cara yang berkaitan dengan kondisi keselamatan dan kesehatan kerja yang baik demi tercapainya tujuan perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Harapan Sawit Lestari. Jumlah anggota populasi sebanyak 150 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan  rumus Slovin sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu keselamatan  kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) sebagai variabel independent dan kinerja karyawan sebagai variabel dependent (Y). Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 18.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Harapan Sawit Lestari. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel keselamatan  kerja memiliki nilai koefisien sebesar 0,410 dengan nilai t hitung 4,137 dan kesehatan kerja memiliki nilai koefisien sebesar 0.403 dengan nilai t hitung 3,156. Secara umum hal ini dikarenakan spesialisasi penempatan karyawan kurang sesuai  antara kebutuhan pabrik dengan ketrampilan yang dimiliki setiap karyawan dan kurang tegasnya pelaksanaan peraturan yang diterapkan terhadap setiap pelanggaran. Selain itu kurang baiknya sirkulasi udara khususnya pada  station proses dan minimnya sarana kebersihan lingkungan pabrik.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v4i2.10485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.