UJI KUALITAS AIR AKIBAT BEKAS PENAMBANGAN BAUKSIT DI SUNGAI TAPAH DESA PARIT TIMUR KECAMATAN KENDAWANGAN KABUPATEN KETAPANG

Tera Maritha, Rita Hayati, Rini Susana

Abstract


ABSTRAK

Pertambangan bauksit merupakan sektor yang telah lama digalakkan di daerah Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang khususnya. Isu pertambangan yang dihubungakan dengan kualitas lingkungan sangat perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk menjamin keseimbangan antara pemenuh kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan. Kegiatan pertambangan bauksit selain meningkatkan pendapatan dan perluasan lapangan kerja serta tumbuhnya pusat-pusat perekonomian, dilain pihak penambangan bauksit juga merupakan kegiatan yang dapat mengubah bentang alam sehingga menyebabkan kerusakan dan kemerosotan lingkungan hidup termasuk menghasilkan limbah tailing yang berbahaya bagi mahluk hidup. Penambangan bauksit di Sungai Tapah Desa Parit Timur Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas air Sungai Tapah yang terdapat di Desa Parit Timur Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air Sungai Tapah di Desa Parit Timur Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang secara fisik dan kimia akibat pertambangan bauksit. Pengukuran kualitas air yang dilakukan yaitu pengukuran karakteristik fisik dan pengukuran karakter kimia air, karakter fisik air meliputi debit aliran,  suhu, kecerahan, TDS dan TSS, sedangkan karakteristik kimia air meliputi COD, pH, DO, timbal (Pb), besi (Fe), tembaga (Cu) dan mangan (Mn). Parameter penelitian ini mengacu pada air kelas II  berdasarkan PP No. 82 Tahun  2001.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa proses kegiatan pertambangan bauksit yang berada di sekitar Sungai Tapah dapat mengurangi kualitas air di sungai tersebut dikarenakan beberapa parameter seperti, COD, pH dan timbal (Pb) telah melebihi ambang batas air kelas II berdasarkan PP No. 82 Tahun 2001.

Kata Kunci : Kualitas Air, Pertambangan Bauksit.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v4i2.10450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.