MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V Sekolah Dasar 09 Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas, dan bersifat kolaboratif. Data yang diperoleh adalah kemampuan guru mengajar mulai dari Base line sampai dengan siklus II. Indikator kinerja dari Base line hingga siklus II yaitu, siswa yang berbicara dengan pelafalan yang baik (25,71%; 37,14%, 59,99%), siswa berbicara dengan intonasi yang benar (20%; 29,84%; 45,71%), siswa berbicara secara tepat dalam menceritakan isi gambar dengan baik (25,71%; 34,28%, 51,42%), siswa dalam menggunakan gerak tubuh yang baik saat berbicara (17,14%; 29,98%; 45,71%), mimik wajah siswa dalam berbicara (14,28%; 25,56%; 42,86%) penguasaan diri siswa dalam berbicara saat menceritakan isi gambar (14,28%; 28,56%; 39,99%). Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan terjadi peningkatan pada setiap siklus. Dengan demikian, penelitian menggunakan media gambar pada pembelajaran berbicara dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara.
Kata Kunci: Meningkatkan, Berbicara, Media Gambar
Abstract: To the effect of observational it is subject to be describe skill step-up converses on student brazes V Elementary School 09 Pontianak West. This research utilize kualitatif's research approaching, descriptive method, actions observational form braze, and gets collaborative character. Acquired data is ability learn to teach beginning of Base is line until with cycle II.. Performance indicator of Base is line until cycle II. which is, speaking student with good pronunciation (25,71%; 37,14%, 59,99%), speaking student with intonation that really (20%; 29,84%; 45,71%), speaking student precisely deep tell image content with every consideration (25,71%; 34,28%, 51,42%), student in utilize good body power while converses (17,14%; 29,98%; 45,71%), mimik is student face in speaking (14,28%; 25,56%; 42,86%) student self-command in speaking while tell image content (14,28%; 28,56%; 39,99%). Of acquired data gets to be concluded by step-up happening on each cycle. Thus, research utilizes image media on speaking learning gets to increase student skill in speaking.
Keyword: Increase, Speaking, Pictured media
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats