PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TERHADAP PEMEROLEHAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Nurlyanto F37008017, Marzuki ., Ngatiyo .

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Microsoft Office PowerPointterhadap pemerolehan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk eksperimen semu, dan drancangan penelitian denganNonrandomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan yang berjumlah 162 orang. Sampeldiambil secara purposivesebanyak 82 orang, 42berasal dari IV A dan 40 berasal dari IV C. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 71,508 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,25. Hasil uji hipotesis menggunakan test Kolmogorov-Smirnovdua sampel pada taraf 5 % (0,05) diperoleh KD hitung 0,304 dan untuk KD tabel 0,297, sehingga KD hitung>KD tabel.Hal ini menunjukan terdapat perbedaan pemerolehan belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan analisis tingkat pengaruh, diperoleh ES sebesar 0,06. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran berbasis Microsoft Office PowerPoint berpengaruh terhadap pemerolehan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didikkelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Selatan.

Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran,Pemerolehan

Belajar

Abstract: This researchaimed todetermine the effect ofthe use ofmedia-based learning Microsoft Office Power Point foracquiring learningof SocialSciencesstudentsfourth gradeElementary School03SouthPontianak. The method usedis an experimentwith the form ofquasi-experimental, andnonrandomizedControlGroupPretestPosttestDesignasa research design. The population inthis study were allstudentsfourth gradeElementary School03SouthPontianaktotaling162 people. Purposivesample is taken by82 people, 42 are fromIVAand 40are fromIVC.Based on theanalysis ofthe data, obtained bythe averagepost-testexperimental classat71.508, while the control classat71.25. The results ofhypothesis testingusingthe Kolmogorov-Smirnov testtwosamplesat the levelof 5%(0.05)obtainedKDcount0.304and0.297toKDtables, thatKDcount>KDtable. This showsthere is a differencebetweenthe experimental classlearningacquisitionandcontrol classes. Furtheranalysis of thelevel of influence, derivedESof 0.06.So it canbe concludedthe use ofmedia-based learning Microsoft Office Power Pointinfluence onlearningacquisitionof Social Sciences students fourth grade Elementary School 03 South Pontianak.

.

Keyword: The Effect, Learning Media, Learning acuisition


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats