PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode kerja kelompok di kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpal data yang digunakan teknik observasi langsung dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian ini adalah rancangan pembelajaran telah disusun sesuai dengan KTSP dan Permendiknas No. 41 tahun 2007. Pelaksanaan pembelajaran juga telah sesuai dengan urutan langkah-langkah yang dibuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penerapan metode kerja kelompok juga telah dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik baik. Simpulannnya adalah metode kerja kelompok dapat meningkatkan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Kata Kunci : Keterampilan Proses, Metode Kerja Kelompok
Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of science through contextual learning in children aged 5-6 years in early childhood Gemilang Pontianak. This research is a form of action research with descriptive method. Of research activities obtained the following results: 1) Planning to improve science learning through contextual learning gain value of 3.7 with very good category. Planning is a teacher who has done: determine the theme, TPP, basic competencies, indicators, learning objectives, learning outcomes, and learning steps, organizing activities, assessment plan, and RKH 2) Implementation to improve science learning through contextual learning gain value 3.85 with a very good category 3) From the observation of the child assessment, through contextual learning there is an increase of 80% in the ability of science to children.
Keyword : Increasing the capability of science, Contextual Learning
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats