MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS DI SDN
Abstract
Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam lompat jauh gaya jongkok yang disebabkan oleh faktor guru dan faktor
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan media kardus dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya
jongkok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas
dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hasil analisis menunjukkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan
nilai rata-rata 73,29%, jadi peningkatannya sebesar 14,65%. Sedangkan nilai ratarata
pada siklus II adalah 80,67, jadi peningkatannya sebesar 26,20%. yang
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan Lompat jauh gaya jongkok telah
direncanakan dengan baik sehingga dapat membuat siswa aktif karena didukung
oleh adanya motivasi dalam melakukan pembelajaran lompat kardus.
Kata Kunci: Lompat Jauh, Media Kardus, Hasil Belajar
Abstract: About problem in this research is its low learned yielding student in
squat styled broad jump one because of factor teacher and student factor. To the
effect of observational it is subject to be know if by use of hardboard media can
increase broad jump ability inspires squat. This research is done by use of action
research brazes with sample amount as much 30 students. analisis's result points
out to usufruct broad jump studying inspires squat that passably, which is on i.
cycle with average value 73,29%, so step-up it as big as 14,65%. Meanwhile
average value on cycle II. is 80,67 , so step-up it as big as 26,20%. one that did
by teacher in increase squat style Broad Jump were plotted with every
consideration so can make active student because supported by mark sense
motivation in do learning to jump hardboard.
Keywords: Broad Jump, Hardboard Media, Studying Result
dalam lompat jauh gaya jongkok yang disebabkan oleh faktor guru dan faktor
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan media kardus dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya
jongkok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas
dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hasil analisis menunjukkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan
nilai rata-rata 73,29%, jadi peningkatannya sebesar 14,65%. Sedangkan nilai ratarata
pada siklus II adalah 80,67, jadi peningkatannya sebesar 26,20%. yang
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan Lompat jauh gaya jongkok telah
direncanakan dengan baik sehingga dapat membuat siswa aktif karena didukung
oleh adanya motivasi dalam melakukan pembelajaran lompat kardus.
Kata Kunci: Lompat Jauh, Media Kardus, Hasil Belajar
Abstract: About problem in this research is its low learned yielding student in
squat styled broad jump one because of factor teacher and student factor. To the
effect of observational it is subject to be know if by use of hardboard media can
increase broad jump ability inspires squat. This research is done by use of action
research brazes with sample amount as much 30 students. analisis's result points
out to usufruct broad jump studying inspires squat that passably, which is on i.
cycle with average value 73,29%, so step-up it as big as 14,65%. Meanwhile
average value on cycle II. is 80,67 , so step-up it as big as 26,20%. one that did
by teacher in increase squat style Broad Jump were plotted with every
consideration so can make active student because supported by mark sense
motivation in do learning to jump hardboard.
Keywords: Broad Jump, Hardboard Media, Studying Result
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats