UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI SDN
Abstract
Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran atletik khususnya nomor lompat jauh gaya jongkok ditemukan masalah, dimana masih banyak siswa yang nilainya (hasil belajar) belum memenuhi KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SDN 10 Singkawang Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Singkawang Tengah yang terdiri dari 27 siswa dengan komposisi perempuan sebanyak 13 siswa dan laki-laki sebanyak 14 siswa. Berdasarkan data penelitian yang telah dianalisi, persentase ketuntasan belajar hasil tes pada prasiklus yaitu 33%, masuk pada siklus I menjadi 70% dan peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Dimana semua siswa yang mengikuti pembelajaran tuntas dalam hasil belajarnya, maka persentase keberhasilan penelitian tindakan kelas ini telah melampaui ketuntasan klasikal sebesar 75 %.
Kata kunci: Lompat Jauh Gaya Jongkok, Pendekatan Bermain dan Hasil
Belajar
Abstract: About problem in this research is athletic learning in particular broad jump number inspires problem found squat, where is still a lot of student that its point (learned result) haven't accomplished KKM. To the effect of observational it is know result step-up studies broad jump via approaching plays on student brazes v SDN 10 Singkawang Intermediates. Method that is utilized in this research is Observational Action braze (PTK) by use of two cycles. subjek is research is exhaustive student brazes v SDN 10 Singkawang Intermediates that consisting of 27 students with female composition as much 13 student and male as much 14 students. Base observational data already dianalisi, thoroughness percentage studies result essays on prasiklus which is 33%, enter on i. cycle as 70% and increasing on cycle II. as 100%. Where all student that follow complete learning in yielding its studying, therefore observational success percentage action brazes this have wented behind klasikal's thoroughness as big as 75 % .
Keywords: Squat Styled broad jump, Approaching plays and Studying
Result
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats