UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG MELALUI MEDIA PAPAN MIRING PADA SISWA DI SDN

Massur Efendy, Victor G. Simanjuntak, Ahmad Atiq

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagi kebanyakan siswa materi guling belakang merupakan materi yang susah dipelajari, sehingga hasil belajar untuk materi guling belakang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan roll belakang melalui media papan miring pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Nyatang Kabupaten Melawi. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sampel yang digunakan sebanyak 27 orang. penerapan metode pembelajaran media papan miring terbukti dapat meningkatkan hasil belajar roll belakang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar roll belakang yang cukup baik, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 73.38, jadi peningkatannya sebesar 17,40%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II adalah 82.87, jadi peningkatannya sebesar 32,59%. yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan Roll belakang telah direncanakan dengan baik sehingga dapat membuat siswa aktif karena didukung oleh adanya motivasi dalam melakukan pembelajaran media papan miring.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Roll Belakang, Media Papan Miring

 

Abstract: About problem in this research is For Many material student roll behind constitute cumbersome material studied, so studying result for material to roll behind still under Minimal thoroughness Criterion. To the effect research in observational it is subject to be know roll's step-up the back via board media coves on student brazes IV. SD Country 4 Nyatang Melawi's Regencies. Observational form that is utilized in this research is Observational Action braze with sample that is utilized as much 27 person. implement methodics board media learning evident oblique can increase roll's studying result behind. It is evident by marks sense result step-up study roll back that passably, which is on i. cycle with average value 73. 38 , so step-up it as big as 17,40%. Meanwhile average value on cycle II. is 82. 87 , so step-up it as big as 32,59%. one that did by teacher in increase Roll back was plotted with every consideration so can make active student because supported by marks sense motivation in do board media learning coves.

 

Keywords: Learned result, Roll is Back, Board media Coves

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i4.9829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats