PENINGKATAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

. Jumini, Muhamad Ali, Dian Miranda

Abstract


Abstrak :  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter kepedulian sosial melalui metode bercerita pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Bumi Pratama Khatulistiwa Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Bentuk penelitian  yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 19 anak. Lokasi penelitian di TK Bumi Pratama Khatulistiwa Desa Sungai Malaya (Desa Mega Timur). Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan karakter kepedulian sosial dapat dilakukan melalui metode bercerita dengan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terus menerus. Hasil penelitian secara khusus yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial  melalui metode bercerita dikategorikan sangat baik; 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial melalui metode bercerita dikategorikan sangat baik; 3) Hasil dari penelitian yang dilakukan guru pada anak dapat dikatakan baik, karena setiap aspek karakter kepedulian sosial mengalami peningkatan dengan kategori sangat tinggi.

 

Kata Kunci : Karakter Kepedulian Sosial, Metode Bercerita

 

Abstract : This study aims to determine the increase in the character of social awareness through storytelling in children aged 5-6 years in kindergarten Earth Equator Primary Ambawang River Kubu Raya. Form of research is the Classroom Action Research (CAR), whereas the method used is descriptive. The subjects were teachers and students group B round of 19 children. Locations Primary research in kindergarten Earth Equator Malaya River Village (Village East Mega). Collecting data using the observation, interviews and documentation. Based on the results of research and analysis of data, in general it can be concluded that the increase in the character of social awareness can be done through storytelling with planning and implementing learning well and continuously. Results of research in particular, namely: 1) Planning of learning to improve the character of social awareness through storytelling categorized as excellent; 2) Implementation of learning to improve the character of social awareness through storytelling categorized as excellent; 3) Results of research conducted on children's teachers can be said well, because every aspect of the character of social awareness has increased with very high category.

 

Keywords : Character Social Concern , Storytelling Method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723