TAHAPAN PENYELESAIAN SOAL ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI TAHAPAN ONEIL BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN SISWA SMP
Abstract
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tahapan siswa dalam penyelesaian soal aritmetika sosial ditinjau dari tahapan ONeil berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif berbentuk studi kasus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIA SMP PGRI 4 Pontianak yang berjumlah 29 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 58,33% siswa kemampuan atas sudah sesuai tahapan ONeil, siswa kemampuan menengah 56,94%, dan siswa kemampuan bawah 60%. Dilihat dari presentasenya, siswa kemampuan atas, menengah, dan bawah cenderung lebih banyak menjawab benar dalam tahap memahami konteks soal, namun cenderung melakukan kesalahan dalam tahap memanipulasi dan menyelesaikan model matematika (perhitungan), dan cenderung lebih banyak tidak menjawab pada tahap membuat model matematika yang relevan dan membuat kesimpulan secara kontekstual.
Kata kunci: Tahapan Penyelesaian Soal, Tahapan ONeil
ABSTRACT: This researchs objective is to know students phases in completing social arithmetic test viewed from ONeil phase based on students ability. Method used is descriptive in form of case study. The subject is 29 students from VIIA class of SMP PGRI 4 Pontianak. The result of analysis shows that 58,33% students have high ability, 56,94% have average ability, and 60% goes to poor ability. Based on percentage, students of high and average ability are intended to be right in understanding context of test, but get it wrong in manipulating and accomplishing model of math test phase, and give no answer in the phase of making relevant model of math and having contextual conclusion.
Keywords: Test Completion Phase, ONeil Phase
Full Text:
PDF ()DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i2.957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats