A STUDY ON STUDENTS’ EXPERIENCES IN CREATING A BLOG

Raudhatul Dianty, Urai Salam, Zainal Arifin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menyelidiki pengalaman para siswa dalam membuat sebuah blog . Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dskriptif. Peserta dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III  Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan yang berjumlah 23 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner dan beberapa interview. Data dianalisa dengan menggunakan rumus (arikunto). Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sekitar 43% siswa  pernah menggunakan blog sebelum mengambil kelas ICT, kebenyakan dari siswa mengatakan bahwa mereka membuat blog hanya sebagai tugas dalam kelas ICT dan respon yg menjawab setuju adalah 53%, para siswa juga mengatakan bahwa mereka menggunakan fasilitas yang tersedia di internet untuk membuat blog mereka lebih menarik dengan jumlah respon sebesar 53% (setuju) dan 34% (Sangat setuju), sekitar 53% siswa mengatakan kurangnya kemampuan diri dalam membuat blog juga merupakan masalah, sekitar 74% siswa mengatakan bahwa membuat blog di kelas ICT adalah yang pertamakalinya, buruknya kualitas dari infrastruktu seperti kualitas  hotspot dan listrik dikampus dengan persentase untuk setiap alternative adalah 53% and 49%, data interview diberikan sebagai data pendukung,dan hasil dari penelitian ini adalah kebanyakan siswa mengatakan bahwa blog sangat membantu mereka dalam pembelajaran bahasa inggris.

 

Kata Kunci: Pengalaman Siswa, Mendisain, Blog

Abstract:This research investigates students’ experiences in creating a blog. The method of this research is a descriptive research. The participants were third student of English Education Study Program, Languages and Arts Education Department, Teacher Training Education Faculty of Tanjungpura University Pontianak. The data were collected by giving 23 questionnaires and 10 interviews. The data were analyzed by (arikunto). The data shows that 43% students are familiar with blog before they enrolled ICT-1 class, most students said that they created blog only as a requirement to do assignment in ICT class with point of Agree 53%, students stated that they used facility available in the internet to make their blog interesting with point 53% of Agree and 34% Strongly Agree, About 53% student stated that lack of ability in designing blog was the problem, about 74% students said that creating blog in ICT-1 class was the first time to them, was the bad quality of infrastructure such as the bad quality of hotspot and the power problem in campus with percentage point for each statement were 53% and 49%, supported by the result of interview, the result of this research is most students said that blog help them in learning.

 

Key Words: Students’s Experiences, Creating, Blog


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723