IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DAYAK SIMPAKNG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1). Nilai-nilai budaya masyarakat Dayak Simpakng yang masih dimiliki di kalangan siswa SDN 01 Simpang Dua. (2). Kebijakan Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Dayak Simpakng di SDN 01 Simpang Dua. (3). Faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya nilai-nilai budaya Dayak Simpakng di kalangan siswa SDN 01 Simpang Dua. (4). Kegiatan yang didapat dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai budaya Dayak Simpakng terintegrasi dalam pendidikan karakter anak di SDN 01 Simpang Dua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-etnografi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Hasil analisis membuahkan temuan sebagai berikut: (1) masih ada nilai-nilai budaya Dayak Simpakng yang berlaku dan dilaksanakan, seperti permainan rakyat bepongka, membuat prada, concokng barameh namun belum dibuat kebijakan kepala sekolah untuk mengimplementasikannya. (2) membuat kebijakan untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Dayak Simpakng. (3) yang menyebabkan hilangnya nilai-nilai budaya Dayak Simpakng adalah terbatasnya sumber daya untuk mengembangkannya, terpengaruh perkembangan jaman dan teknologi dan kurang berminatnya anak-anak untuk mempelajari nilai-nilai budaya Dayak Simpakng tersebut. (4) kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti mengadakan pelatihan bagi guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya Dayak Simpakng.
Kata Kunci: kebijakan, pendidikan, karakter, nilai, Dayak.
Abstract: This study aimed to describe: (1). Cultural values Dayak Simpakng community that still exist among students of SDN 01 Simpang Dua. (2). Principal Policy in implementing character education based Dayak Simpakng cultural values in SDN 01 Simpang Dua. (3). Factors that cause the loss of cultural values among students Dayak Simpakng SDN 01 Simpang Dua. (4). Activities carried out in accordance with the obtained values of Dayak Simpakng culture integrated in character education of children in SDN 01 Simpang Dua. This study used a qualitative approach-ethnography. This research is a case study. The results of the analysis yielded the following findings: (1) there Dayak Simpakng cultural values applicable and implemented, such as folk games bepongka, making prada, concokng barameh but has not made the principal to implement the policy. (2) create a policy to implement policy-based character education Dayak Simpakng cultural values . (3) which causes the loss of cultural values Dayak Simpakng are limited resources to develop, influenced the changing times and technology and less as interested children to learn the values of the Dayak Simpakng culture. (4) the activities that can be implemented as training for teachers to implement character education based Dayak Simpakng cultural values.
Keywords: policy, education, character, values, Dayak.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats