UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL SMP NEGERI 2 MEMPAWAH
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Sistem Sirkulasi pada Manusia. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIID SMP Negeri 2 Mempawah dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang terdiri dari 20 perempuan dan 14 laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sesuai dengan indikator yang ingin di capai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes evaluasi. Dari hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa 57,65 dengan jumlah siswa yang tuntas (mencapai KKM) sebanyak 8 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 72,35. Jumlah siswa yang tuntas (mencapai KKM) sebanyak 31 orang. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,70. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar, Materi
Abstarct: The design of this research is Classroom Action Research which aims to improve the students’ study result by applying Contextual Teaching and Learning (CTL) approach toward Human System Circulation Material. The subject of this study is 34 students of the eighth grade at SMP Negeri 2 Mempawah Class D, which consists of 20 females and 14 males. It is conducted in two cycles that consist of four steps; planning, action, observation and reflection based on indicators achieved. The research instrument that had been used is observation sheet and evaluation test. Based on the result in the first cycle, gained the average of study result is 57,65 with the total of students success is eight (reached KKM). In the second cycle have occurred enhancing the average value being 72,35. The total of students’ success is thirty one. The enhancing of study result is 14,70. Based on the result, it can be conclude that by applying Contextual Teaching and Learning (CTL) approach can enhance students’ study result.
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach, study result, Human System Circulation Material.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats