PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SDN 04 PEMAHAN KETAPANG
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi pada Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 04 Pemahan Ketapang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan perencanaan pembelajaran benda penghantar panas menggunakan metode eksperimen sebesar 34,25%, pelaksanaan pembelajaran sebesar 26,75% dan aktivitas belajar siswa di kelas VI SDN 04 Pemahan sebesar 22,22%, serta peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di Kelas VI SDN 04 Pemahan Kabupaten Ketapang, yaitu pada siklus 1 dengan siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari 3 siswa menjadi 7 siswa atau mengalami kenaikan sebesar 55,55%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,29 naik menjadi 79,44. Oleh karena itu peneliti dapat mengatakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode ekperimen di kelas VI SDN 04 Pemahan Kabupaten Ketapang sebesar 13,15 %.
Kata Kunci : aktivitas belajar, metode eksperimen, IPA
Abstract: The purpose of this study is to describes the increase in the activity of student learning through demonstration method in class VI Elementary School 04 pemahan Ketapang. The methods This study uses descriptive method, by means of collecting data in the form of sheets of observations and test results to learn. This form of research is Classroom Action Research ( CAR). Data collection techniques are using direct observation techniques with a data collection tool in the form of observation sheet. Research shows that there is an increase in planning learning objects of heat using an experimental method by 34.25 % , 26.75 % implementation of learning and learning activities in class VI students of SDN 04 Pemahan of 22.22 % , as well as increased activity and student learning outcomes in class VI SDN 04 Pemahan Ketapang District, which is in cycle 1 with students who achieve mastery of grade 3 students learn to 7 students or an increase of 55.55 % . The average value of the first cycle of 66.29 rising to 79.44. Therefore, researchers can say that an increase in student learning outcomes in science subjects using the experimental method in class VI SDN 04 Pemahan Ketapang of 13.15 % .
Keywords : learning activities , the experimental method, the IPA
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats