PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA DI KELAS V SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian pecahan menggunakan media Realita di kelas V Sekolah Dasar Negeri 68 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas V SD Negeri 68 Pontianak Barat semester II sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpul data terdiri dari teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian yang di peroleh adalah kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus 1 yaitu penilaian terhadap kemampuan peneliti menyusun RPP dengan rata- rata sebesar 3,24 dan pada siklus 2 sebesar 3,76. Kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus 1 dengan rata – rata sebesar 3,56 dan siklus 2 sebesar 3,82. Akibat penggunaan media Realita hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 denagn rata - rata 71,30 dengan ketuntasan belajar 60,86% pada siklus 2 denagn rata – rata 90,43 dengan ketuntasan belajar 100%.
Kata Kunci : Peningkatan, hasil belajar, dan media Realita
Abstract: This study aims to improve student learning outcomes at a fraction multiplication using reality material media in fifth grade of SDN 68 West Pontianak. The method used is descriptive quantitative approach. The subjects were researchers and fifth grade students of SDN 68 at second semester with 46 students. Techniques of data collection consisted of direct observation and measurement techniques. Implementation of this class action performed 2 cycles. The results of this research is the ability of researchers to in doing the learning at cycle 1 is an assessment of researchers ability to prepare lesson plans with an average of 3.24 and the second cycle at 3.76. The researchers ability in doing the learning in cycle 1 with average of 3.56 and cycle 2 at 3,82. The result of using reality material media is the student can increase the learning in cycle 1 with average 71,30 with 60.86% mastery learning at cycle 2 with average 90.43 with 100%masterylearning.
Keywords: Enhance, learning outcomes, and media Reality
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats