PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPERAGAKAN GERAK DASAR TARI DAYAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SMP
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan memperagakan gerak dasar tari Dayak melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Kota Pontianak. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan keterampilan memperagakan gerak dasar tari Dayak dengan menggunakan metode demontrasi kelas VII B SMP” metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode ini menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 70.5 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa dalam memperagakan gerak dasar tari Dayak meningkat menjadi 80,16. Pengunaan metode demontrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memperagakan gerak dasar tari Dayak.
Kata Kunci: gerak dasar tari Dayak, metode demontrasi
Abstract: This research was conductedin classVII B SMP Negeri 2 Pontianak. A common problem in this research his "How to in crease the basic movement skills demonstratedu sing Dayak dance demonstration class VII B SMP Negeri 2 of. Of research his class room action research by following the procedure of action research: planning, implementation, observation and reflection. Learning goals students are expected to demonstrate basic dance movements Dayak. The results obtainedarein cycle1the average value of 70.5 student sin the second cycle, while the average value of students in demonstrating the basic dance movements Dayak in creased to 80.16. Use of the demonstration method canimproves tudents' skills in demonstrating the basic motion Dayak dance.
Keywords: basic dance movements Dayak, method demonstration
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats