FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA
Abstract
Abstrak : Judul penelitian ini adalah Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA PGRI 02 Ella Hilir Kabupaten Melawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data adalah siswa-siswi di SMA PGRI 02 Ella Hilir .Hasil menunjukkan bahwa menurunnya hasil belajar siswa tersebut diakibatkan beberapa faktor. Baik faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri maupun faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa (lingkungan siswa itu sendiri). Adapun faktor yang berasal dari diri siswa (internal) adalah : a) Faktor sikap, b) Faktor malas, c) Faktor waktu, d) Menggampangkan Tugas, e) Cara belajar siswa di dumah , f) Terlalu Santai, Itulah faktor yang berasal dari diri siswa, sehingga hasil belajar siswa akhir-akhir ini mengalami penurunan. Adapun faktor eksternal yaitu faktor yang berada diluar diri siswa atau individu (lingkungan siswa itu sendiri) antara lain: a) Lingkungan Keluarga atau orang tua, b) Lingkungan Sekolah, c) Lingkungan Masyarakat. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan hasil belajar siswa adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa setelah mengikuti suatu proses belajar, hasil belajar merupakan umpan balik yang diberikan oleh peserta didik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Faktor Belajar, Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract: The title of this researchis the Decline Causes of Student Results In Learning Sociology at SMA PGRI 02 Ella Downstream Melawi. The method usedis descriptive method. The data collection techniquesin this study is using observation, interviews, and documentation studies. Inthis study, the data source is in highschool students PGRI 02 Ella Hilir RegencyMelawi.Suggests that student learning out come sarede clining due to multiple factors. Both internal factor sare factors that originate from with in the students them selvesas well as external factor sare factors that originate from out side the student(student environment it self). The factor sare derived from the student (internal) are: a) theattitudefactor, b) lazyfactor, c) timefactor, d)oversimplifthetask, e) How students learning, f) Too Relaxed, That factor derived fromself esteem, so that student learning out comes lately decreased. The external factor sare factors that are beyond the student or individual (student environment it self)include: a)Environmental Family or parents, b)Environmental School, c) Community Environment. From the aboveit can be conclud that the definition ofstudent learning outcomesis the change that happens to students after participating in a learning process, learning out come the feedback given by the students.
Keywords: Learning Outcomes, LearningFactors, SociologySubject
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats