MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAHKLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI DI SMP NEGERI

Surya Darma, Basuki Hardigaluh, Ruqiah Ganda Putri P

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup menggunakan video animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siantan dengan subjek penelitian adalah kelas VII A dengan jumlah 35 siswa.Penelitian yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana sesuai dengan rencana, pada siklus I 100% dan pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I hanya 51,43%, dan meningkat pada siklus II menjadi 94,29%. Dengan demikian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video Animasi

Abstract: This study aims to determine the learning process and to improve student’s learning outcomes on the material characteristics of living things using animationvideo. The method used is a classroom action research. The research was conducted in SMP Negeri 1 Siantan,the research subject is class VII A with the number of 35 students. The study was conducted in four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the implementation of learning has been implemented according to plan, in the first cycle is 100% and the second cycle is 100%. Learning outcomes in the first cycle is 51.43%, and in the second cycle is 94.29%. We assume that themedia can improve student learning outcomes on the material characteristics of living things.

 

Keywords: Results Learning, Media of AnimationVideo

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats