PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA REALITA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita dengan menggunakan media realita di kelas II Sekolah Dasar 49 Kapur. Metode penelitian adalah deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Prosedur penelitian mengunakan 2 siklus tiap siklus terdiri dari emat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi,tiap siklus 1 kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kemampuan guru menyusun RPP pada siklus I rata-ratanya 2,93 sedangkan siklus II rata-ratanya 3,75 peningkatan sebesar 0,82, (2) kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I rata-ratanya 2,92 dan siklus II rata-ratanya 3,92 peningkatan 1,00 dan hasil belajar siswa pada siklus I rata-ratanya 54,44 yang tuntas 14 orang= 51,85% yang tidak tuntas 13 orang= 48,15% dan siklus II rata-ratanya 72,59 dengan ketuntasan 100% terjadi peningkatan sebesar 48,15%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita di kelas II.
Kata Kunci: Peningkatan, hasil belajar, Media Realita
Abstract: The purpose of the study to describe the learning outcome of students in the learning of important family documents and objects as the source of the story by using the media reality in class II Elementary School 49 Lime. The research method is descriptive, form a class action research is collaborative. Research procedure using two cycles each cycle consisting of emat stages of planning, implementation, observation, and reflection, each cycle 1 meetings. The results obtained are (1) the ability of teachers write lesson plans in the first cycle average is 2.93 while the second cycle of the average increase of 0.82 3.75, (2) the ability of teachers to implement learning in the first cycle the average 2 , 92 and the second cycle averaged 1.00 and 3.92 increase student learning outcomes in the first cycle average is 54.44 which finished 14 = 51.85% who did not complete 13 = 48.15% and second cycle averages 72.59 with 100% completeness an increase of 48.15%. From the results we concluded that by using the media reality can improve student learning outcomes in the learning of important family documents and objects as a source of stories in class II.
Keywords: Improvement, learning outcomes, Media Reality
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats