PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DI SD
Abstract
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas pembelajaran peserta didik dalam pembelajaran matematika di kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sifat kolaboratif. Subjek penelitian guru yang mengajar matematika dan peserta didik kelas Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Pontianak Barat. Setting penelitian setting dalam kelas. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi Hasil penelitian, kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah dengan penggunaan pendekatan masalah pada siklus 1 kategori cukup dan meningkat menjadi baik di siklus 2. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode pendekatan masalah pada siklus 1 dengan kategori cukup menjadi baik disiklus 2. Aktivitas fisik peserta didik pada siklus 1 sebesar 53,85% meningkat menjadi 85,90% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 32,05% dengan kategori baik, aktivitas mental peserta didik pada siklus 1 sebesar 60,26% meningkat menjadi 84,62% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 24,36% dengan kategori baik dan aktivitas emosional peserta didik pada siklus 1 sebesar 57,69% meningkat menjadi 91,03% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 33,33% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : aktivitas, belajar, matematika, pendekatan pemecahan masalah
Abstrak : As for the purpose of this study is to describe the improvement of the learning activities of students in the learning of mathematics in class class IV State Primary School 18 wets Pontianak. The method used is descriptive method. Collaborative nature. Research subject teachers who teach mathematics and learners class Public Elementary School Fourth Grade 18 Pontianak West. Setting research in the classroom setting. The technique used is the technique of direct observation. The results of this study, teacher's ability to write lesson plans is to use approach to problems in cycle 1 and increased to a category quite well in cycle 2. The ability of teachers in implementing the learning methods approach the problem in cycle 1 to be good enough category cycled 2. physical activity of students in the first cycle of 53.85% increased to 85.90% in cycle 2, an increase of 32.05% in both categories, the mental activity of students in the first cycle of 60.26% increase to 84 , 62% in cycle 2, an increase of 24.36% with a good category and emotional activity of students in cycle 1 by 57.69% increased to 91.03% in cycle 2, an increase of 33.33% with very categorygood.
Keywords: activity, learning, math, problem-solving approach
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats