PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

. Sahran, Mastar Asran, Kaswari .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 04 Kelumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian berjumlah 8 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata  kemampuan guru dalam menyusun RPP dari siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus 2 pertemuan 2 sebesar 3,31 (baik sekali). Rata-rata  kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dari siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus 2 pertemuan 2 sebesar 3,26 (baik sekali). Peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus 2 pertemuan 2 adalah 57% (sangat meningkat). Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 04 Kelumpang.

Kata kunci : Aktivitas belajar, pendekatan inquiry

Abstract: This research aims to enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SDN 04 Kelumpang. The research method that used is a descriptive method. Whereas the form of research is a action research. The study sample is 8 students. The research of data analysis showed that average the enhancement of teacher to make a RPP from cycle 1 meeting 1 to cycle 2 meeting 2 by 3,31 (very good). Average the enhancement of teacher to teach from cycle 1 meeting 1 to cycle 2 meeting 2 by 3,26 (very good). Enhancement of learning activity of learners from cycle 1 meeting 1 to cycle 2 meeting 2 by 57% (very good). This suggests that Inquiry approach can enhancement of learning activities of learners in learning science in grade IV SDN 04 Kelumpang.

 

Keywords: Learning activity, inquiry approach


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats