PENERAPAN METODE PERCOBAAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI Sekolah Dasar Negeri 6 Selobat Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas dengan menggunakan metode percobaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru selaku peneliti dan siswa kelas VI yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan IPKG I dan IPKG II, serta lembar observasi siswa.Berdasarkan analisis data, kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran rata-rata 3,84, sedangkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran rata-rata 3,71. Untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada data awal penelitian sebesar 27% dan pada siklus II diperoleh 87%, sehingga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 60%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa penerapan metode percobaan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: metode percobaan, aktivitas belajar, pembelajaran ilmu
pengetahuan alam.
Abstract: The purpose of this research is to describe of the sixth class student activities of elementary school no. 6 Selobat the District of East Selakau the regency of Sambas. This research used descriptive method with collaborative and action class research. The research subject was the teacher as a researcher to the fifteen sixth class of student. Data collection techniques were used observation sheets, IPKG I and IPKG II. Based on data analysis, the teachers ability in learning to arrange average 3,84 and to implement average 3,7. And students activities in science for the begining data 27% after that 87% in the second stage. So the students activity promote 60%. From the analysis was concluded that the emplementation of experiment method in learning is able to promote students learning activities.
Keywords:experimental methods, learning activities, science learning.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats