PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok pada pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje. Observasi awal ditemukan hasil belajar siswa masih rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif , bentuk penelitian tindakan kelas dan sifat penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan prosedur penelitian kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje Kecamatan Monterado yang berjumlah 24 orang. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi langsung, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk siswa. Data yang terkumpul tersebut dianalisis dengan perhitungan persentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siklus I dengan rata-rata 60,41%, pada siklus II diperoleh rata-rata 70,41%. Jadi dalam penelitian ini terjadi peningkatan siklus I ke siklus II sebanyak 10,00 termasuk kategori cukup tinggi.Hal ini menunjukkan bahwa, metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Metode Kerja Kelompok, Hasil Belajar.
Abstract: The purpose of this research is to improve student learning outcomes using group work on the fourth grade math State Elementary School 14 Puaje. Preliminary observations found in student learning outcomes are still low. The method used is descriptive, shape and nature of action research study is a qualitative study using the procedure class. Research subjects are students of class IV Sekolah Dasar Negeri 14 Puaje District Monterado totaling 24 people. The data collected is the data of student learning outcomes. The data collection technique was direct observation techniques, while the data collection tool used is the observation sheet for students. The collected data were analyzed by calculating the percentage. The results of this study is the first cycle with an average of 60.41%, in the second cycle gained an average 70.41%. So in this study an increase in the first cycle to the second cycle as much as 10.00 including high enough category .This indicates that, group work method can improve student learning outcomes.
Keywords: learning mathematics, method of working groups, the results of study.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats