PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS I

. Syahertini, Maridjo Abdul Hasjmy, Marzuki .

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan  menggunakan pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Delta Pawan Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies. Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 20 orang. Aktivitas fisik peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik mengalami peningkatan dari (baseline) 37,50%, pada siklus 3 (95,83%) terjadi peningkatan sebesar 58,33% dari baseline dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas mental peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik mengalami peningkatan dari (baseline) 23,33%, pada siklus 3 (72,50%) terjadi peningkatan sebesar 49,17% dari baseline dengan kategori cukup tinggi. Aktivitas emosional peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik mengalami peningkatan dari (baseline) 33,33%, pada siklus 3 (89,59%) terjadi peningkatan sebesar 56,26% dari baseline dengan kategori cukup tinggi.

 

Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, saintifik.

 

Abstract : The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using the scientific approach in Public Elementary School fourth grade 04 Delta Pawan Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners who totaled 20 people. Physical activity learners in an integrated thematic learning using scientific approach has increased from (baseline) 37.50%, in cycle 3 (95.83%), an increase of 58.33% from baseline with high enough category. Mental activity learners in an integrated thematic learning using scientific approach has increased from (baseline) 23.33%, in cycle 3 (72.50%), an increase of 49.17% from baseline with high enough category. Emotional activity learners in an integrated thematic learning to use scientific approach has increased from (baseline) to 33.33%, in the third cycle (89.59%), an increase of 56.26% from the baseline with a fairly high category

 

Keywords : Increased activity, integrated thematic, scientific.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats