PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD

. Sebastianus, Maridjo Abdul Hasjmy, Marzuki .

Abstract


Abstrak : Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V SD Negeri 21 Sungai Laur Ketapang. Dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuknya survey. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini menggunakan setting di dalam kelas yaitu di kelas V SD Negeri 21. Subyek penelitian terdiri dari guru kelas dan peserta didik kelas V yang berjumlah 10 peserta didik. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung, lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.    Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Aktivitas fisik belajar peserta didik di setiap siklus mengalami peningkatan. Di mulai dari penelitian awal yaitu 46,66% kemudian pada siklus I 63,33%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 70%, dan siklus III = 96,6%. Aktivitas mental belajar peserta didik di setiap siklus mengalami peningkatan. Di mulai dari penelitian awal yaitu 23,3% kemudian pada siklus I 35% sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 52,5% dan siklus III menjadi 75%. Dari penelitian awal yaitu 33,33% kemudian pada siklus I 56,67% sedangkan siklus II mengalami peningkatan menjadi 63,3% dan siklus III menjadi 90%. Dengan menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA berdampak positif dan bermakna bagi kehidupan belajar peserta didik.

Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas, Metode Demonstrasi

 

Abstract : The research problem is how the increased activity of leaners in learning science by using the method of demonstration in grade V public elementary schools 21 Sungai Laur Ketapang. In the research is descriptive method. The shape of the survey. Type of research is a classroom action research. Setting this research use in the classroom public elementary school 21 Sungai Laur. The subject of the study consisted of theachers and learners V totaling 10 learners. The thechnique used is the technique of direct observation sheet. This study consisted of 3 cycles with each through stage planning, implementation, observation and reflection.   The results of research as follow : Phsical activity of learners in each cycle has increased, starting from the early research is 46,66& and the I cycles is 63,33% while the II cycle increased to 70% and III cycles to 96,6%. Mental activity of learners in each cycle has increased. Starting from the early research is 35% and then the II cycle is 52,5% and III cycles 75%. From the early research is 33,33% and then the I cycle is 56,67% while the II cycle increased to 63,3% and III cycle to 90%. By applying the method of demonstration in teaching science positive impact and meaningful to the lives of learners.

 

Key Word : Increase, Activity, Demontration Method


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats