POLA INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA BERBEDA AGAMA ( KASUSPADA KELAS X A DI SMA NEGERI 2 PONTIANAK )

Tri Martha Doloksaribu, Amrazi Zakso, Gusti Budjang A.

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi antar siswa berbeda agama (kasus kelas XA di SMA Negeri 2 Pontianak). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan peneliti dapat mengetahui lebih jauh tentang interaksi antar siswa yang berbeda agama.Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola interaksi antar siswa berbeda agama difokuskan pada interaksi yang bersifat asosiatif yaitu kerjasama dan akomodasi serta interaksi yang bersifat disosiatif yaitu persaingan dan konflik.Kerjasama mengarahkan bagaimana siswa bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok.Akomodasi mengarahkan bagaimana siswa menyelesaikan masalah yang terjadi disekolah antar siswa.Persaingan mengarahkan bagaimana siswa bersaing untuk mendapatkan nilai tinggi dan untuk mendapatkan juara kelas. Serta konflik mengarahkan pada masalah apa saja yang sering terjadi di kelas X A. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa masih terdapat siswa yang berkelompok sesuai dengan agamanya sendiri baik  saat jam istirahat berlangsung mereka selalu bersama-sama, dalam mengerjakan tugas kelompok, siswa masih memilih teman seimannya untuk diajak bekerja kelompok.

 

Kata Kunci:Interaksi sosial, Agama, SMA Negeri 2 Pontianak

Abstract: This study aims to determine the patterns of interaction among students of different religions (case XA classes at SMAN 2 Pontianak). The method used is descriptive method with qualitative approach with the aim of researchers can learn more about the interaction between students of different faiths. The method used in data collection techniques were interviews, observation and documentation. These results indicate that the pattern of interaction among students of different religions are focused on associative interaction is cooperation and accommodation as well as interactions with dissociative ie competition and conflict. Cooperation directing how students work together to complete the task group.Accommodation directing how students solve problems that occur in schools among students.Competition directing how students compete for high scores and to get the champion class. And conflicts lead to any problems that often occur in class X A. The conclusion from this study is that there are students who are grouped according to their own religion well underway during recess they are always together, the task group, the students still choose friends believers to be invited to work groups.

 

Keywords: social interaction, Religion, SMAN 2 Pontianak


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats