MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOKDI MADRASAH ALIYAH

Tri Willy Fran Pradana, Victor Simanjuntak, Edi Purnomo

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelititan ini adalah bagaimanakah motivasi belajar
siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran lompat jauh gaya jongkok di
Madrasah Aliyah Negeri Singkawang. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalahUntuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar ekstrinsik dan
intrinsik siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran lompat jauh di Madrasah
Aliyah Negeri Singkawang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif dengan tehnik survey menggunakan angket atau
daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif persentase.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri
Singkawang, dari 9 kelas yaitu berjumlah 170 siswa.Berdasarkan perhitungan
persentase dari motivasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri
Singkawang dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dapat
disimpulkan yaitu motivasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri
Singkawang dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yaitu
persentasi intrinsik 64,59% (sedang), Sedangkan untuk persentasi ekstrinsik
54,05% (sedang).
Kata kunci : Motivasi, Lompat jauh gaya jongkok.
Abstract: The problem of this research is howstudents motivation in
eleventh grade of madrasah aliyah negeri singkawang inlearning process of
long jump squatted position. The purpose of this research were to find how
was motivation of eleventh grade students aliyah negeri singkawang.the
method that used in this research was descriptive method and used survey
technique as the research of techniquethe tool of this research was
questionnaire. To analyze the data the ceseacher used descriptive analyze.
The sample of this research was eleventh grade students aliyah negeri
singkawang. The number of students was 170 students from 9 classes.
Based on the percentage of learning motivation of eleventh grade students
aliyah negeri singkawang in learning process of long jump squatted
position, it can conclude that learning motivation of eleventh grade students
aliyah negeri singkawang in learning process of long jump squatted position
are 64, 59 % ( average ) for intrinsic motivation and 54, 05 % ( average ) for
exrinsic motivation.
KeyWords : Motivation, Long Jump Squatted

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats