PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN METODE INKUIRI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas III SDN 04 Tiang Tanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian metode deskriptif, bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Prosedur penelitian menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan seluruh peserta didik kelas III sekolah berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi langsung dan pengukuran. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan lembar soal. Teknik analisis data digunakan rata-rata dan posentase. Hasil penelitian 1) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran menunjukan pada siklus I rata-rata 2,97 dan siklus II rata-rata 3,07 mengalami peningkatan sebesar 0,1. 2) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I rata-rata 3,72 dan siklus II rata-rata 3,89 mengalami peningkatan sebesar 0,17. 3) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengtahuan alam dengan menggunakan metode inkuiri dapat ditingkatkan yaitu pada siklus I rata-rata 74,83 dan siklus II rata-rata 86,55 mengalami peningkatan sebesar 11,72 ketuntasan siklus I rata-rata 65,52 dan siklus II rata-rata 89,66 mengalami peningkatan sebesar 24,14.
Kata kunci: Hasil Belajar, pembelajaran IPA, metode inkuiri
Abstrac: This research intent to describe result step-up studies educative participant on natural sciences learning brazes III. SDN 04 Cape Pillars. Method that is utilized in descriptive method research, this observational form observational action brazes and get collaborative character. Procedure observationaling to utilize planning step, performing, watch, and reflection. Observational subject is learn as researcher and all participant teach to braze III. schooled total 29 person. Data collecting tech which is with direct observation and measurement. Data collector utilize observation sheet and problem sheet. analisis's tech data is utilized on a par and posentase. Observational result 1) ability learns in plot menunjukan's learning on i. cycle average 2,97 and cycle II. averages 3,07 experience step-ups as big as 0,1. 2 ) ability learn in perform learning on i. cycle average 3,72 and cycle II. averages 3,89 experience step-ups as big as 0,17. 3 ) Result study educative participants in pengtahuan's knowledge learning nature by use of method inkuiri can be increased which is on i. cycle average 74,83 and cycle II. averages 86,55 experience step-ups as big as 11,72 i. cycle thoroughnesses average 65,52 and cycle II. averages 89,66 experience step-ups as big as 24,14.
Key word: Learned result, IPA'S learning, inkuiri's method
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats