PENINGKATAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode inquiry di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian survey kelembagaan. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa bahwa terjadi peningkatan minat peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode inquiry di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau.
Kata kunci: minat, metode inquiry, IPA
Abstrak: This research’s aim is to determine the increasing of students’ interest in the learning of Science by using the inquiry method in Class IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau. The research method is descriptive in the form of institutional survey. Total sample are 12 students. The result of this research showed that there is an increasing in students’ interest by using inquiry method in the learning of Science in the Class IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau.
Key words: interest, inquiry method, Science
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats