PENINGKATAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV SEKOLAH DASAR

Elisa F34211502, Sri Utami, Kartono .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dalam pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode inquiry di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian survey kelembagaan. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa.           Hasil penelitian ini adalah bahwa bahwa terjadi peningkatan minat peserta didik dalam pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode inquiry di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau.

 

Kata kunci: minat, metode inquiry, IPA

 

Abstrak: This research’s aim is to determine the increasing of students’ interest in the learning of Science  by using the inquiry method  in Class IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau. The research method is descriptive in the form of institutional survey. Total sample are 12 students. The result of this research showed that there is an increasing in students’ interest  by using inquiry method in the learning of Science in the Class IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 12 Pandan Sembuat Sanggau.

 

Key words: interest, inquiry method, Science

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats