PENINGKATANAKTIVITASPESERTADIDIKDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKADENGAN MENGGUNAKANMEDIA GELAS BILANGAN DI SD
Abstract
Absrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan media gelas bilangan di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 rantau Panjang Kabupaten Landak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sifat kolaboratif. Subjek penelitian guru yang mengajar matematika dan peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Rantau Panjang yang berjumlah 12 orang peserta didik. Setting penelitian setting dalam kelas. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah: Rencana pelaksanaan pembelajaran telah disusun dengan baik, pelaksanaan pembelajaran juga telah dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah disusun, media gelas bilangan terbukti dapat meningkatkan aktivitasfisikpeserta didik dari rata-rata 45,84% di siklus 1 menjadi 87,50% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 41,66%. Aktivitas mental meningkatdari rata-rata 54,17% di siklus 1 menjadi 79,17% di siklus 2. terjadipeningkatansebesar 25%. Aktivitas emosional juga meningkat dari 58,33% di siklus 1 menjadi 91,67% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 33,34%.
Kata kunci :Aktivitasbelajardengan media gelas
Abstract: The aim of this study is to describe the increase in the activity of learners in the learning of mathematics using glass media numbers in class III State Elementary School 05 shoreline length Porcupine District. The method used is descriptive method. Collaborative nature. Research subject teachers who teach mathematics and students of class III State Elementary School 05 Rantau Panjang totaling 12 students. Setting research in the classroom setting. The technique used is the technique of direct observation. While the data collection tool is the observation sheet. The results of this study are: learning implementation plan has been drawn up with the good, the implementation of learning have also been carried out in accordance with the lesson plan has been drawn up, the media glass aktivitasfisikpeserta shown to increase the number of students from an average of 45.84% in cycle 1 to 87.50% in cycle 2, an increase of 41.66%. Meningkatdari mental activity on average 54.17% in cycle 1 to 79.17% in cycle 2. terjadipeningkatansebesar 25%. Emotional activity also increased from 58.33% in cycle 1 to 91.67% in cycle 2, an increase of 33.34%.
Keywords: media Aktivitasbelajardengan glasses
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats