PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DALAMPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI SD

. Rakiman, Hery Kresnadi, K. Y. Margiati

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkanketerampilan berbicara pesertadidik kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Galar Kecamatan Sompak.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media gambar berseri kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Galar Kecamatan Sompak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Galar Kecamatan Sompak yang berjumlah 10 orang, dengan setting penelitian yaitu setting dalam kelas. Teknik pengumpal data yang digunakan teknik observasi langsung.Sedangkan alat pengumpul datanya adalah lembar observasi.Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) penyusunan perencanaan telah disusun dengan baik sesuai dengan pembuatan RPP. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan media gambar berseri juga telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah dibuat dalam RPP. (3) Hasil belajar keterampilan berbicara peserta didik aspek kebahasaan meningkat dari rata-rata 67,4 di siklus 1 menjadi 84,8 di siklus 2. Meningkat sebesar 17,4 dengan kategori baik. (4) Hasil belajar keterampilan berbicara peserta didik aspek non kebahasaan meningkat dari 48% di siklus 1  menjadi 84% di siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 36% dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci : keterampilan berbicara, media gambar berseri

 

Abstract:The problem inthis studyiswhethertheuseof mediaimagesbeamedcanimprovespeakingskills improveparticipantsPublic Elementary Schoolfifth grade09GalarSompak district.The purposeof thisstudywas to describethe increaseconversational skillsof learners inlearningIndonesianDiscuss theuseof mediaimagesbeamedPublic ElementarySchoolfifth grade09GalarSompak district.The method usedinthisresearchisdescriptivemethod, while theform ofresearchis theClassroom Action Research(CAR). Subjects inthis study wereclassVstudentsof StateElementary School09GalarSompak districttotaling10people, with aresearch settingthat isina classsetting. Techniquespengumpaldata useddirect observation techniques. While thedatacollection toolisthe observation sheet.The results achievedin this study were(1) the preparation ofplanshave been preparedproperlyin accordance withthe manufacture ofthe RPP. (2) The process ofimplementationof learning conversational skillsusing media imagesbeamedalsobeencarried outproperlyin accordancewiththe stepsthathave been madein the RPP..(3) The results ofspeakingskillsstudentslearnaspects of languageincreasedfrom an average of67.4inthe cycle1to 84.8incycle2.An increase of17.4with agood category.(4) The results ofthe skillslearnedto speaknon-linguistic aspectsof studentsincreased from48% incycle1to 84% incycle2, an increase of36% with avery good category.

.

Keywords:speakingskills, mediaimagesbeamed


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats