PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEROLEHAN BELAJAR PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPA ( FISIKA) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yulia Triatmini, Marzuki ., Sutini Ibrahim

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menemukan preskripsi desain pesan yang dimuat dalam multimediapada materi listrik statis, (2) Menemukan rangkaian storyboard yang relevan yang dimuat dalam multimedia untuk perolehan belajar konsep listrik statis yang digunakan dalam pemecahan masalah, dan (3) Mendeskripsikan perilaku peserta didikdalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep listrik statis melalui multimedia.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek ujicoba adalah peserta didik kelas IX SMP Santu Petrus Pontianak.Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen.Analisis data dengan menggunakan teknik persentase dan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang digunakan layak digunakan sebagai media pembelajaranuntuk pemecahan masalah. Rata – rata tingkat kelayakan berdasarkan ahli materi sebesar 100% atau kategori sangat baik; validasi ahli media sebesar 94,87 % atau sangat baik; evaluasi rekan sejawat sebesar 92,30 % atau sangatbaik ; uji coba tahap 1 sebesar 97,43 % dengan kategori sangatbaik; uji coba tahap 2 sebesar 98,84 % atau kategori sangat baikdan uji coba lapangan sebesar 94,68 %atau sangatbaik.

Kata kunci: multi media pembelajaran, pemecahan masalah

Abstract:This study aimsto(1) find theprescriptionscontained in themessage designof a multimediaon staticelectricity material, (2) findingrelevantstoryboardsequencecontained in the multimedia learning for the acquisition ofstaticelectricity which is used in problem solving, and(3) describethe level behavior oflearners inproblems solvingrelated tothe concept ofstatic electricityusingthe multimedia.This reseach was categorized into reseach and development. The Subject of this try out are ninth grade of Santu Petrus Junior High School students. Data collection techniques such as interviews, observation, and study documents. The data was analized using the percentage, categorization technique and then following by descriptive analysis. The results showedthat themultimedia developed has some eligibility feasibelas a learning instructional. The subject matter expert validation shows the average score of 100% or categorizedverygood; mediaexperts validation shows the average score of94.78 % orvery goodcategory; colleaguesevaluationshows the average score of92.30%; firsttry outof97.43% with avery good category; secondtry outof98.84% orvery good; andfield try out of 94,68% or categorized verygood.

Keywords: instructional multimedia, problem solving.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats