PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS II
Abstract
Abstrak :Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dikelas II SDN 05 Sungai Kunyit dengan menggunakan metode kerja kelompok. Penelitian ini dilakukan 2 tahapan ( 2 Siklus ) dan setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan tatap muka dengan harapan mendapatkan gambaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPS tentang dokumen dan koleksi benda berharga; untuk melihat hasil mengajar guru dan aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran IPS dengan metode kerja kelompok ; dan sekaligus untuk melihat hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok sudah mencapai standar ketuntasan, karna terbukti dari hasil belajar siswa kelas II SDN 05 Sungai Kunyit dari siklus I dan siklus II. Pada siklus pertama nilai rata-rata kelompok 64,09. Sedangkan pada siklus kedua nilai rata-rata kelompoknya adalah 84,70. Peningkatan yang terjadi pada nilai siswa sebesar 20,61. Berarti sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sekolah yaitu 65.Ini membuktikan bahwa pelaksanaan dan perencanaan pembelajaran kerja kelompok pada Dokumen dan Koleksi Benda Berharga dalam pembelajaran IPS di kelas II SDN.05 Sungai Kunyit dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Hasil Belajar Siswa dan Metode Kerja Kelompok
Abstract: The aim of this research is to improve result learn student at lessonof IPS in II SD country class 05,This study conducted 2 stages (2 cycles), and each cycle is done first time face to face meetings with the hope of getting a picture that will enhance students' learning activities through group work method in social studies learning about the collection of documents and valuables; to see the activities of teacher and student activities while learning social studies followed by group work methods; and at the same time to see the students' learning outcomes obtained after following social studies learning. Student learning outcomes after following study using group work has reached a standard of completeness, because evident from the results of the second grade students of SDN 05 Sungai Kunyit from the first cycle and second cycle. In the first cycle of the group average value of 64,09. While in the second cycle of the average value of the group was 84,70. Improvement of student scores of 20,61. Means it meets the criteria of minimum completeness school is 65. This proves that the implementation and planning of learning and group work in the Document Collection of Valuable Objects in learning social studies in class II SDN 05 Sungai Kunyit can improve student learning outcomes.
Keywords: Student Learning AoucomentAnd Methods of Group Work
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats