PENGGUNAAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL KARTU ARISAN DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN DI SEKOLAH DASAR

Adha yarso, Zainuddin ., Mastar Asran

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan strategi pembelajaran aktif model kartu arisan dengan yang tidak menggunakan pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri 17 Siantan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan jenis NonEquivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah 54 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa rata-rata post test pada kelas yang tidak diterapkan strategi pembelajaran aktif model kartu arisan (kelas kontrol) sebesar 67,70 sedangkan rata-rata post test pada kelas yang diterapkan strategi Pembelajaran aktif model kartu arisan (kelas eksperimen) sebesar 71,66. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 4,15 dan > ttabel sebesar 2,008, yang berarti  thitung> ttabel (4,15>2,008)  bearti Ha diterima, maka dapat disimpulka bahwa HO ditolak dan HA diterima.

 

Kata Kunci: Studi Komparasi, Strategi Pembelajaran Aktif Model Kartu Arisan, Hasil Belajar

Abstract : This study aims to determine the differences in student learning outcomes between the use of active learning strategies with a social gathering card models that do not use the learning of social science class V elementary state school 17 Siantan . The method used in this study is the experimental method . Used form of experimental research is quasi exsperimental design with nonequivalent control group types . The sample was 54 students . Based on the results of the data analysis , that the average post-test in the class who did not apply active learning strategies gathering card model ( control group ) amounted to 67.70 while the average post-test on the applicable class of active learning strategies gathering card model ( experimental class ) amounted to 71.66 . T test results obtained t of 4.15 and > ttable of 2.008 , which means thitung > ttable ( 4.15 > 2.008 ) mean Ha accepted , it can concluded that HO is rejected and HA is accepted .

 

Keywords : Comparative Study , Active Learning Strategies Arisan Card Models , Learning Outcomes


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats