PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING DI SEKOLAH DASAR PONTIANAK UTARA

Satini F33209079, Sugiyono ., Asmayani Salimi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik menggunakan cooperative learning tipe bamboo dancing dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pontianak Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Pontianak Utara yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung.

Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik. Aktivitas fisik peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat dari 28,57% pada saat base line menjadi 57,12% pada siklus 1 menjadi 85,68% pada siklus 2. Meningkat sebesar 57,11%.  Aktivitas Mental peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat dari 26,19% pada base line menjadi 53,55% pada siklus 1 menjadi 83,30%  pada siklus 2. Meningkat sebesar 57,11%. Aktivitas emosional peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat dari 29,76% pada base line menjadi 59,50% pada siklus 1 dan menjadi 88,06% pada siklus 2, terjadi  peningkatan 58,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperatif learning tipe bamboo dancing dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan V Sekolah Dasar 15 Pontianak Utara dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning tipe bamboo dancing

Abstract: This is research aimed to describe the increase in the activity of students using cooperative learning in the learning type of bamboo dancing Citizenship Education Public Elementary School fifth grade 15 North Pontianak. The method used in this research is descriptive method. Form of research is classroom action research. Subjects in this study were students in grade V State Elementary School 15 North Pontianak 28 in total. Data collection technique used is the technique of direct observation.

The results achieved in this study is a lesson plan preparation and implementation process of learning has been implemented properly. Physical activity of students in the learning process increased from 28.57% at the time of the baseline became 57.12% in cycle 1 to 85.68% in cycle 2. An increase of 57.11%. Mental activity of learners in the learning process increased from 26.19% at baseline became 53.55% in cycle 1 to 83.30% in cycle 2. An increase of 57.11%. Emotional activity of learners in the learning process increased from 29.76% at baseline became 59.50% in cycle 1 and became 88.06% in cycle 2, an increase of 58.3%. It can be concluded that the application of cooperative learning type of bamboo dancing in civic education V Elementary School 15 North Pontianak can increase the activity of learners in the learning process.

 

Keywords: learning activity, cooperative learning tipe bamboo dancing


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats