PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI SD

Sudi F 34212088, Mastar Asran, Kaswari .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini  bertujuan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan bantuan media peta di kelas IV Sekolah Dasar Negeri  18 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Perencanaan pembelajaraan Ilmu Pengetahuan Sosial pada tindakan diaktivitas Fisik dalam siklus-siklus yang dilakukan tindakan seperti Aktivitas fisik dijabarkan menjadi 3 indikator kinerja 30,90% pada Baseline, pada siklus I menjadi 41,66% kemudian pada siklus II, 53,57% dan pada siklus III menjadi 70,23%. Dikatagorikan ”meningkat”. Aktivitas Mental yang telah dilaksanakan, yaitu 35,75% pada baseline   siklus I 42,85% selanjutnya pada siklus II 62,49%dan pada siklus III menjadi 77,67%, dikatagorikan ” meningkat”. Aktivitas Emosional yang telah dilaksanakan, yaitu 40,02% pada Baseline kemudian pada siklus I menjadi 48,80% selanjutnya pada siklus II 63,09% dan pada siklus III  menjadi 85,71%, dikatagorikan ”meningkat”.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Media Peta, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstraction : This Research aim to improve activity learn educative [by] participant [at] study of Social Science constructively map media [in] class of IV Elementary School Country 18 Pontianak North. Method Research the used [is] descriptive. Planning of pembelajaraan of Social Science [at] Physical activity action in conducted action cycles like Activity physical formulated to become 3 performance indicator 30,90% [at] Baseline, [at] cycle of I become 41,66% later;then [at] cycle of II, 53,57% and [at] cycle of III become 70,23%. Dikatagorikan " mounting". Activity Mental which have been executed, that is 35,75% [at] cycle baseline of I 42,85% hereinafter [at] cycle of II 62,49%dan [at] cycle of III become 77,67%, dikatagorikan " mounting". Emotional Activity which have been executed, that is 40,02% [at] Baseline later;then [at] cycle of I become 48,80% hereinafter [at] cycle of II 63,09% and [at] cycle of III become 85,71%, dikatagorikan " mounting".

Keyword : Activity, Media Map, Social Science.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats