PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan berbicara siswa yang diajar dengan menggunakan metode bermain peran dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode bermain peran di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi exsperimental design dengan jenis preetest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 66 orang yang terdiri dari kelas VA 35 orang dan kelas VB 31 orang. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa rata-rata Posttest pada kelas eksperimen sebesar 85,6 sedangkan rata-rata Posttest pada kelas kontrol sebesar 53,61. Hasil perhitungan effect size data kemampuan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Effect Size= 3,27 dengan kategori tinggi, berarti memberikan pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota.
Kata kunci: pengaruh, metode bermain peran, kemampuan berbicara
Abstract: This Research aimed to examine differences in the ability to speak the student taught using role playing with student who are taught without using the method of playing a role in Public Elementary School fifth grade 42 Pontianak City. The method used in this study is the experimental method. This form of research used was a quasi experimental design with the type of preetest exsperimental-posttest control group. The samples in this study were fifth grade students numbering 66 people consisting of 35 class VA and VB class 31. Based on the analysis of data, that the average posttest in the experimental class at 85.6 while the average posttest the control class is 53.61. Results calculated effect size data is the ability to speak graders experimental and control classes derived Effect Size= 3.27 with high category, meaning a high impact in improving students' speaking ability of class V Public Elementary School 42 Pontianak City.
Keywords: effect, role playing method, speaking skills
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats