PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR IKATAN IONIK DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Eni Mayasari, Eny Enawaty, Erlina .

Abstract


Judul penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan buku ajar ikatan ionik dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar ikatan ionik dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA se-Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian OneGroup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPA dari SMAN 3 Pontianak, SMAN 4 Pontianak, dan SMAN 9 Pontianak. Data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan statistik non-parametrik uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh penggunaan buku ajar ikatan ionik dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar siswa baik siswa di SMAN 3 Pontianak, SMAN 4 Pontianak, dan SMAN 9 Pontianak dengan nilai sig. masing-masing 0,002; 0,002; dan 0,009 pada tingkat signifikasi yang ditetapkan ? = 0,05.

Kata kunci: buku ajar, multirepresentasi, ikatan ionik, prestasi belajar.

Abstract: The title of this research is "The effect of using the ionic bond textbook with multiple-representation approach on students achievement". The aims of this research is to know the effect of using the ionic bond textbook with multiple-representation approach on students achievement at XIst IPA in Pontianak. The forms of this research is a pre-experimental design with design One-Group Pretest-Posttest Design. The sample were 36 students of XIst IPA in SMAN 3 Pontianak, SMAN 4 Pontianak, and SMAN 9 Pontianak. Student achievement data were analyzed using nonparametric statistic Wilcoxon-Test. The analysis result showed the effect of using the textbook about ionic bonds with multiple representation approach on student achievement both students of SMAN 3 Pontianak, SMAN 4 Pontianak, and SMAN 9 Pontianak with significance score respectively 0.002, 0.002, and 0.009 level of significance set at ? = 0.05.

Keywords: textbook, multiple-representaition, ionic bond, learning achievement.


Full Text:

PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Journal of Equatorial Education and Learning

indexed by:

          

              


Journal of Equatorial Education and Learning  published by

[Teaching and Education
, Tanjungpura University
, Pontianak, West Kalimantan, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed  under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons