PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK MELALUI KEGIATAN MENARI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Kriss Diana, Marmawi R, Indri Astuti

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menari di TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas secara deskriptif dengan subjek guru dan 22 anak-anak kelompok B3 TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Hasil analisis data keterampilan gerak anak melalui kegiatan menari menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran  meningkat sebesar 2,72 pada siklus I dan sebesar 3,1 pada siklus II; Pelaksanaan pembelajaran meningkat dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 2,57 dan pada siklus II sebesar 3,11; Peningkatan pembelajaran keterampilan gerak pada indikator anak dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki meningkat menjadi 90,9%, anak dapat melakukan gerak dengan lincah meningkat menjadi 86,4% dan anak bergerak sesuai dengan irama musik meningkat menjadi 81,8%.

Kata kunci : Keterampilan gerak, kegiatan menari

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the increase in motor skills of children aged 5-6 years through dance activities in kindergarten DaarulJannah East Pontianak. This study uses descriptive action research with the subject teachers and 22 children kindergarten group B3 Daarul Jannah East Pontianak. The results of the data analysis skills of children through dance movement show that: Planning learning increases by 2.72 in the first cycle and by 3.1 in the second cycle; Implementation of learning increases with an average value of 2.57 the first cycle and the second cycle at 3.11; Improved motor skills behavior on child indicators can coordinate movement of the head, hands, and feet increases to 90.9%, the child can exercise vigorously increased to 86.4% and the children move to the rhythm of the music increased to 81.8%.

Keywords: motor skills, dancing activities


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats