PERAN PENGASUH BAGI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PUSAT LAYANAN ANAK TERPADU KOTA PONTIANAK

Harmintus Kasmintuh Tlonaen, Amrazi Zakso, Rustiyarso .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pengasuh sebagai pendidik bagi anak yang berhadapan dengan hukum di pusat layanan anak terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah pekerja sosial yang berperan sebagai pendidik dan kegiatan yang diberikan oleh pusat layanan anak terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengasuh sebagai pendidik bagi anak yang berhadapan dengan hukum di Pusat Layanan Anak Terpadu adalah pengasuh tidak hanya berperan sebagai pengasuh dan pembina tetapi juga berperan sebagai orang tua yang mengasuh, menjaga dan mendidik anak yang berhadapan dengan hukum. Kegiatan yang dilakukan pengasuh sebagai pendidik bagi anak yang berhadapan dengan hukum adalah dengan melakukan disiplin pribadi bagi anak yang berhadapan dengan hukum, melakukan pembinaan mental dan spiritual.

 

Kata Kunci : Peran, Pengasuh, Anak Berhadapan Dengan Hukum

Abstract: This study aimed to describe the role of the caregiver as an educator for children in conflict with the law at the center of an integrated children's services. The method used is descriptive method with qualitative approach. Techniques of data collection were interviews, observation and documentation. The focus of this research is a social worker who acts as an educator and activities provided by the integrated children's service center. The results showed that the caregiver role as educators for children in conflict with the law at the Center for Integrated Children's Services is the caregiver not only act as caregivers and coaches but also act as parents who care for, maintain and educate children in conflict with the law. Activities undertaken caregiver as an educator for children in conflict with the law is to conduct personal discipline for children in conflict with the law, perform mental and spiritual development.

 

Keywords: Role, Caregivers, Children in Conflict with the Law


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i11.7763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats